Monday, January 15, 2018

MANFAAT DAN KANDUNGAN DAUN KELOR (Moringa oleifera)

loading...


Manfaat dan Kegunaan Daun Kelor (Moringa oleifera)

Mungkin dari kita masyarakat indonesia sudah sangat familiar dengan tumbuhan yang satu ini, selain karena sering dibuat jadi sayur ada juga peribahasa yang membuatnya sangat terkenal, yaitu “Dunia tak seluas daun Kelor”. Ya.. daun kelor, kali ini saya akan coba berbagi mengenai manfaat dan kegunaan daun kelor bagi manusia.



Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini memiliki ketinggian batang 7-11 meter. Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai, dapat dibuat sayur atau obat. Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau; bunga ini keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak. Buah kelor berbentuk segitiga memanjang yang disebut kelentang, juga dapat disayur.










Kandungan Daun Kelor
Daun kelor sangat bermanfaat bagi tubuh manusia karena mengandung zat-zat yang sangat di butuhkan oleh tubuh, kandungan tersebut adalah: Perbandingan gram, daun kelor mengandung:

  • ·         Tujuh Kali vitamin C pada jeruk

  • ·         Empat kali calcium pada susu

  • ·         Empat kali vitamin A pada wortel

  • ·         Dua kali protein pada susu

  • ·         Tiga kali potasium pada pisang.

Sehingga Bayi dan anak-anak pada masa pertumbuhan dianjurkan Organisasi Kesehatan Dunia WHO mengkonsumsi daun kelor.

Manfaat Daun Kelor
WHO sebagai organisasi kesehatan dunia menobatkan kelor sebagai pohon ajaib setelah melakukan studi dan menemukan bahwa tumbuhan ini berjasa sebagai penambah kesehatan berharga murah selama 40 tahun ini di negara-negara termiskin di dunia. Pohon kelor memang tersebar luas di padang-padang Afrika, Amerika Latin, dan Asia. National Institute of Health (NIH) pada 21 Maret 2008 mengatakan, bahwa pohon kelor “Telah digunakan sebagai obat oleh berbagai kelompok etnis asli untuk mencegah atau mengobati lebih dari 300 jenis penyakit. Tradisi pengobatan ayurveda India kuno menunjukkan bahwa 300 jenis penyakit dapat diobati dengan daun Kelor (moringa oleifera).
Manfaat utama daun kelor:
  1. Meningkatkan ketahanan alamiah tubuh
Daun kelor bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena ektrak daun kelor mampu untuk menghalangi perkembangan seperti Staphylococcus aureus, Pseudomonas aemenyesalnosa, Enterobacter aerogenes dan Escherichia coli. Seperti yang dikatakan Tati Winarto, seseorang pakar herbal, ekstrak daun kelor memiliki kandungan senyawa antibakteri. Dalam riset yang diterbitkan di Bayero Journal of Pure and Applied Sciences.
  1. Menyegarkan mata dan otak
Daun kelor bermanfaat untuk menyegarkan mata dan otak, hal ini dikarenakan kandungan daun kelor yang banyak mengandung vitamin A yaitu empat kali lebih banyak dari kandungan wortel dalam jumlah perbandingan gram.

      3. Mengobati Sariawan 
           Manfaat dan kegunaan daun kelor adalah untuk mengobati Sariawan, hal ini karena daun    
           kelor merupakan salah satu jenis daun yang kaya akan kandungan vitamin C. Seperti yang kita
           ketahui, vitamin C merupakan vitamin yan sangat ampuh dalam menangani masalah yang 
           berkaitan dengan kesehatan mulut dan tubuh. Karena itulah, daun kelor dapat dimanfaatkan
           sebagai obat sariawan dengan cara mengolahnya menjadi sayur untuk lauk makan
  1. Meningkatkan serum kolesterol alamiah
Manfaat dan kegunaan daun kelor juga merupakan serum kolesterol alami. Menurut Tati Winarto, seseorang pakar herbal, bahwa salah satu manfaat tidak terduga daun kelor yaitu menjaga kadar darah dan mencegah kolesterol tinggi. Hal ini seperti yang dipaparkan di Journal Phytotherapy Research. Hal itu karena daun kelor memiliki kandungan zat hiocarbamate glikosida, nitrile dan glikosida minyak mustard, yang memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah.
  1. Mengurangi kerutan dan garis-garis pada kulit
Daun kelor juga sangat bermanfaat untuk kecantikan. Hal ini bisa menjadi alternatif perawatan kecantikan alami. Selain menggunakan minyak atsirinya dan bubuk kelor yang dijual di pasaran, Anda bisa memanfaatkan daunnya secara langsung. Caranya, pertama-tama buatlah pasta daun kelor. Pilih daun kelor yang masih hijau dan segar, pisahkan dari rantingnya. Haluskan daun kelor dengan ditambahkan sedikit air saja (agar daun kelor menjadi bentuk pasta). Kemudian dijadikan ramuan tersebut sebagai masker, pasta daun kelor tersebut bisa disimpan selama 3 hari di dalam lemari es.
  1. Meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal
Daun kelor juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal, karena daun kelor merupakan makanan sehat yang tidak mengandung lemak. Konsumsi daun kelor, otomatis membantu mengembalikan kesehatan ginjal yang sudah dalam kondisi tak baik.
  1. Memperindah kulit
Daun kelor memiliki kandungan vitamin C serta antioksidan yang sangat tinggi, kedua zat ini sangatlah baik untuk kesehatan kulit. Dengan cara, daun kelor dijadikan sebagai sayur serta dikonsumsi dengan cara teratur dapat menghaluskan kulit serta mencegah munculnya jerawat. Tidak hanya itu kita juga dapatmenumbuk daun kelor hingga halus dan  menjadikannya daun kelor sebagai masker muka yang dapat membuat kulit muka makin halus serta cantik.
  1. Memudahkan pencernaan
Manfaat dan kegunaan daun kelor juga dapat memudahkan pencernaan. Hal ini karena Daun kelor memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat mencegah atau mengobati sakit maag, penyakit hati, kerusakan ginjal, keluhan pencernaan, dan infeksi. Penggunaan umum dari minyak kelor membantu meningkatkan fungsi hati. hal itu karena manfaat untuk detoksifikasi racun dan zat berbahaya di dalam tubuh. Kemungkinan juga bisa mengatasi penyakit batu ginjal, infeksi saluran kemih, sembelit, retensi cairan dan diare.
  1. Antioksidan
Daun kelor juga bermanfaat sebagai antioksidan bagi tubuh. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan di Asia Pacific Journal of Cancer Prevention, daun kelor mengandung campuran asam amino esensial, fitonutrien karotenoid, antioksidan seperti quercetin, dan senyawa antibakteri alami yang memiliki fungsi seperti obat anti-inflamasi. Daun kelor memiliki beberapa senyawa anti-penuaan yang mampu menurunkan efek stres oksidatif dan peradangan. Manfaat semakin optimal dengan adanya senyawa polifenol, vitamin C, beta-karoten, quercetin, dan asam klorogenat. Senyawa tersebut terkait dengan penurunan risiko untuk penyakit kronis, seperti perut, paru-paru, kanker usus besar, diabetes, hipertensi, dan penyakit mata akibat faktor usia.
  1. Memelihara sistem imunitas tubuh
Manfaaat dan kuganaan daun kelor juga adalah untuk memelihara sistem imunitas atau kekebalah tubuh, hal ini karena teh yang dibuat dari daun kelor mengandung polyphenol yang tinggi, yang bekerja sebagai antioksidan. Manfaat antioksidan untuk mendetoksifikasi racun di dalam tubuh, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  1. Menjaga Metabolisme Tubuh
Manfaat dan kegunaan daun kelor juga untuk menjaga metabolisme tubuh. Hal penting yang jangan dilupakan yaitu untuk menjaga tubuh agar tetap seimbang berat badannya. Studi yang dilakukan para ahli menemukan bahwa teh kelor membantu untuk menangani masalah pencernaan yang manfaatnya untuk merangsang metabolisme tubuh agar optimal dalam membakar kalori.
  1. Anti kanker
Manfaat dan kegunaan daun kelor juga sebagai anti kanker. Pada studi mengenai kultur jaringan sel kanker serviks manusia, yang diterbitkan di jurnal “Food and Chemical Toxicology” edisi Juni 2011. Ekstrak kelor mampu mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. Peneliti menyimpulkan bahwa daun kelor menunjukkan potensi sebagai pencegahan alami kanker. Antioksidan di dalam daun kelor sangat tinggi, selain itu kandungan potasium yang tinggi. Membuat daun kelor memiliki khasiat untuk memperlambat bahkan menghilangkan kanker di dalam tubuh.
  1. Bersifat anti-peradangan
Manfaat dan kegunaan daun kelor juga bermanfaat sebagai anti peradangan. Daun kelor membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit beberapa bentuk arthritis, demikian menurut sebuah studi yang dipublikasikan di “Journal of Chinese Integrative Medicine” edisi Februari 2011. Dalam studi hewan di laboratorium, ekstrak daun kelor mengurangi kepekaan terhadap rangsangan yang menyakitkan pada sendi rematik. Para peneliti mencatat bahwa kombinasi akar dan ekstrak daun memiliki “efek sinergis” untuk mengurangi rasa sakit.
  1. Mendukung kadar gula normal tubuh
Manfaat dan kegunaan daun kelor juga adalah mendukung agar nolmanya kadar gula darah dalam tubuh. Daun kelor juga dipercaya dapat mengatasi penyakit diabetes. Dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin dapat mengurangi kadar gula dalam darah, dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa daun kelor memiliki manfaat untuk mencegah serta mengatasi penyakit gula darah atau diabetes
 
loading...