Monday, April 2, 2018

Manfaat dan Kandungan Buah Nanas (Ananas Comosus)

loading...

Manfaat dan Kandungan Buah Nanas (Ananas Comosus)

Buah Nanas atau dikenal dengan nama latin Ananas Comosus, termasuk famili Bromeliaceae, dalam genus Ananas. Buah ini awalnya berasal dari penduduk pribumi Paraguay lokal di Amerika Selatan, kemudian dibawa ke Spanyol saat Columbus menemukan benua Amerika pada tahun 1493. Pada abad ke-15 dan ke-16, menyebar ke seluruh dunia oleh pelaut Eropa yang membawanya bersama mereka untuk melindungi diri dari penyakit scurvy, penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C. Dan pada saat ini tanaman nanas sudah sangat mudah ditemukan di Indonesia, akan tetapi penggunaan nya masih sangat minim, yaitu sebagai makanan. Ternyata buah nanas sendiri sangat banyak manfaat nya, selain sebagai makanan, ternyata manfaat buah nanas sangat banyak untuk kesehatan manuasi. Manfaat kesehatan dan pengobatan nanas begitu banyak, meliputi kemampuan memperbaiki kesehatan pernafasan, menyembuhkan batuk dan pilek, memperbaiki pencernaan, membantu menurunkan berat badan, menguatkan tulang, memperbaiki dan menjaga kesehatan mulut, meningkatkan kesehatan mata, mengurangi peradangan, mampu mencegah kanker, dapat memperbaiki kesehatan jantung, melawan infeksi dan parasit serta dapat memperbaiki atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Gambar Pohon dan Buah Nanas

Gambar Buah Nanas


Kandungan Buah Nanas

Buah nanas sangat banyak mengandung Gizi dan vitamin, terutama vitamin C. Nilai Gizi dan Kandungan Buah Nanas Nanas segar adalah sumber vitamin antioksidan yang sangat baik. Dalam 100 g buah mengandung 47,8 atau 80% vitamin C. Vitamin ini dibutuhkan untuk sintesis kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah protein struktural utama dalam tubuh yang dibutuhkan untuk menjaga integritas pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C secara teratur dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit scurvy (gagalnya sintesis kolagen dan pembentukan osteoid di dalam tubuh). Di samping itu, juga mampu memberikan daya tahan terhadap infeksi (meningkatkan kekebalan tubuh) dan mencegah radikal bebas pro-inflamasi berbahaya dari tubuh. Pada 100 g buah nanas mengandung sekitar 50 kalori, setara dengan apel. Dagingnya tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Buah nanas juga merupakan sumber serat larut dan tidak larut seperti pektin.


Manfaat Buah Nanas
1. Sendi
Manfaat Buah Nanas Atau Kegunaan Buah Nanas adalah membantu mengobati peradangan sendi dan otot, terutama yang berhubungan dengan artritis. Atritis merupakan penyakit yang benar-benar membuat penderitanya tersiksa karena terjadi pembengkakan, kekakuan, dan keterbatasan bergerak. Nanas mengandung enzim proteolitik yang disebut bromelain, yang berperan dalam reaksi pemecahan protein kompleks, selain itu juga memiliki efek antiinflamasi..

2. Kekebalan Tubuh
Manfaat Buah Nanas Atau Kegunaan Buah Nanas adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Hal itu dikarenakan satu porsi buah nanas memiliki lebih dari 130% kebutuhan vitamin C setiap hari bagi manusia, menjadikannya salah satu sumber asam askorbat terkaya dan paling lezat. Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang aktivitas sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi efek berbahaya dari radikal bebas.

3. Kolagen
Manfaat Buah Nanas Atau Kegunaan Buah Nanas adalah Menciptakan Kolagen. Hal ini dikarenakan buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, dimana satu manfaat vitamin C adalah menciptakan kolagen. Kolagen merupakan basis protein penting dari dinding pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah nanas juga dapat membantu Anda menyembuhkan luka pada tubuh dengan cepat, sekaligus membantu mempertahankan diri terhadap infeksi dan penyakit.

4. Kanker
Manfaat Buah Nanas Atau Kegunaan Buah Nanas adalah mencegah kanker.  Selain memiliki antioksidan vitamin C juga dapat memerangi kanker, nanas juga kaya akan berbagai antioksidan lainnya, termasuk vitamin A, beta karoten, bromelain, berbagai senyawa flavonoid, dan mangan yang tinggi. Dalam sejumlah penelitian, nanas memiliki kemampuan yang secara langsung berhubungan dengan pencegahan kanker pada mulut, tenggorokan, dan payudara.

5. Pencernaan
Manfaat Buah Nanas Atau Kegunaan Buah Nanas adalah meningkatkan kesehatan pencernaan. Seperti kebanyakan buah pada umumnya, nanas adalah sumber serat yang kaya, tapi ada hal yang membuat nanas istimewa karena buah ini mengandung serat larut dan tidak larut. Hal ini menjadi pertanda baik, karena dengan rutin mengonsumsi nanas dapat melindungi Anda dari berbagai gangguan pencernaan, termasuk konstipasi, diare, sindrom iritasi usus besar, serta penyakit aterosklerosis dan pembekuan darah.

6. Batuk dan Pilek
Manfaat Buah Nanas Atau Kegunaan Buah Nanas adalah membantu mengobati batuk dan pilek. Hal ini dikarenakan Enzim khusus bromelain yang terkandung pada buah nanas diketahui dapat mengurangi dahak dan lendir yang terbentuk di saluran pernafasan dan rongga sinus.

7.Kesehatan Tulang
Manfaat Buah Nanas Atau Kegunaan Buah Nanas adalah menjaga kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan nanas memiliki jumlah mangan yang mengesankan, yang merupakan mineral lain yang memiliki peran penting dalam memperkuat tulang, sekaligus membantu pertumbuhan dan perbaikan pada tulang. Mangan adalah mineral nanas yang paling menonjol, dan satu porsi nanas bisa menghasilkan lebih dari 70% kebutuhan sehari-hari Anda untuk mineral penting ini.

8. Mulut
Manfaat Buah Nanas Atau Kegunaan Buah Nanas adalah menjaga kesehatan mulut. Selain memiliki senyawa antioksidan yang berfungsi melindungi dari kanker mulut, nanas juga memiliki kandungan astringent yang dapat memperkuat gigi dan gusi. Selain itu, kandungan astringent pada nanas juga dapat mencegah terjadinya rambut rontok, kelemahan otot, dan kulit kendur.

9. Mata
Manfaat Buah Nanas Atau Kegunaan Buah Nanas adalah membantu menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan nanas mengandung beta karoten. Degenerasi makula mempengaruhi penglihatan orang lanjut usia, dan beta karoten dapat membantu Anda mengurangi masalah ini. Menjaga jumlah beta karoten dalam makanan Anda merupakan hal yang sangat penting, oleh sebab itu perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran jika Anda benar-benar masih ingin memiliki penglihatan yang baik di usia senja.

10. Tekanan Darah
Manfaat Buah Nanas Atau Kegunaan Buah Nanas adalahmembantu mengatur tekanan darah. Hal ini dikarenakan nanas mengandung potassium (kalium). Potassium adalah salah satu mineral terpenting di tubuh manusia, dan kekurangan kalium dapat menyebabkan berbagai bahaya kesehatan. Salah satu fungsi potassium yang paling penting adalah sebagai vasodilator, yang dapat meminimalisir terjadinya ketegangan dan tekanan pada pembuluh darah dan dapat meningkatkan sirkulasi darah ke berbagai bagian tubuh. Bila pembuluh darah rileks, tekanan darah berkurang dan aliran darah lancar, hal itu dapat membantu mencegah terjadinya aterosklerosis, serangan jantung dan stroke.

11. Sirkulasi Darah
Manfaat Buah Nanas Atau Kegunaan Buah Nanas adalah menjaga sirkulasi darah. Hal ini dikarenakan Nanas juga mengandung mineral tembaga. Mineral ini sangat penting, karena berfungsi dalam sejumlah reaksi enzimatik dan senyawa dalam tubuh. Hal yang juga harus di ketahui adalah, bahwa tembaga merupakan unsur penting untuk pembentukan sel darah merah yang sehat. Jumlah sel darah merah yang tinggi dapat meningkatkan oksigenasi ke berbagai sistem organ sehingga berfungsi optimal.

12. Jerawat
Manfaat Buah Nanas Atau Kegunaan Buah Nanas adalah dapat mengobati jerawat. Hal ini dikarenakan buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu, bromelain, enzim anti inflamasi pada buah ini, dapat meningkatkan daya penyembuhan pada kulit berjerawat.

13. Kulit
Manfaat Buah Nanas Atau Kegunaan Buah Nanas adalah membantu kulit tampak lebih muda. Hal ini dikarenakan buah nanas memberi sintesis kolagen di tubuh, semakin tinggi sintesis kolagen, semakin kencang dan lebih fleksibel kulit. Konsumsi juga makanan tambahan yang banyak mengandung asam amino dan vitamin C untuk memastikan sel dan jaringan yang rusak dapat diperbaiki dengan cepat. Oleskan jus nanas segar di wajah dan basuh dengan menggunakan air keran setelah 10 menit. Anda bisa melihat efek instan dari manfaat nanas ini untuk wajah Anda.

14. Mencerahkan Wajah
Manfaat Buah Nanas Atau Kegunaan Buah Nanas adalah Mencerahkan wajah. Seperti yang dijelaskan diatas, nanas akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Caranya adalah:  Potong-potong nanas menjadi beberapa irisan, dan letakkan di wajah sebagai masker. Masker buah nanas ini dapat mengangkat sel kulit mati dan melancarkan aliran darah, yang tentunya akan membuat kulit terlihat lebih cerah.

15. Mengatasi Telapak Kaki Pecah-Pecah
Manfaat Buah Nanas Atau Kegunaan Buah Nanas adalah mengatasi telapak kaki pecah-pecah. Masalah lain yang paling umum yang sering kita temui adalah telapak kaki dan tumit yang pecah-pecah. Solusinya adalah, gunakan kulit nanas dan gosokkan ke telapak kaki. Cara ini efektif karena kulit kaki yang serampangan dan kapalan dapat mengelupas. Sehingga dapat membantu Anda memiliki telapak kaki dan tumit yang lebih halus, lembut, dan terlihat lebih cantik.

16. Rambut
Manfaat Buah Nanas Atau Kegunaan Buah Nanas adalahmencegah rambut rontok. Hal ini dikarenakan Vitamin C pada nanas merupakan elemen penting yang membantu mencegah kerontokan rambut. Sekaligus sebagai antioksidan kuat yang mampu memerangi kerusakan akibat radikal bebas. Nanas adalah sumber yang kaya akan vitamin. Makanlah beberapa irisan nanas setiap harinya atau Anda juga dapat menjadikannya jus segar dan minumlah secara rutin untuk menuai manfaat vitamin C dan mencegah rambut rontok. Nanas juga dapat membantu Pertumbuhan Rambut yang Tebal, Ekstrak nanas diketahui memiliki sifat mampu menebalkan rambut. Manfaat nanas yang satu ini terdapat pada enzim yang dapat memperkaya folikel rambut dengan memberikan nutrisi penting, yang pada akhirnya dapat meningkatkan elastisitas dan ketebalan rambut.

17. Radikal Bebas
Manfaat Buah Nanas Atau Kegunaan Buah Nanas adalah menangkal radikal bebas. Hal ini dikarenakan Nanas adalah sumber antioksidan yang kaya sehingga dapat membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh. Efeknya zat ini mampu mencegah kerusakan sel lebih lanjut. Antioksidan ini juga mampu melindungi tubuh dari penyakit seperti aterosklerosis, penyakit jantung, arthritis, berbagai jenis kanker, dan lainnya.

Demikian lah manfaat dan kandungan buah nanas yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

loading...