Tuesday, May 8, 2018

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH SIRSAK (Annona muricata L)

loading...

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH SIRSAK (Annona muricata L)

Buah sirsak (Annona muricata L) merupakan jenis buah yang banyak terdapat di daerah tropis, dan di Indonesia juga sangat banyak terdapat buah ini. Akan tetapi buah ini sebenarnya bukan asli tanaman Indoneisa, melainkan berasal dari dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Sirsak memiliki nama sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia. Misalnya orang Sunda menyebutnya sebagai Nangka Walanda, orang jawa menyebutnya Nangka Landa, sementara orang Minang menyebutnya dengan Duriana Betawi dan orang batak sering menyebut durian kanopan atau durian Belanda.

Gambar: Pohon dan Buah Sirsak

Gambar:  Buah Sirsak


Sirsak memiliki buah dengan rasa asam manis dan menyegarkan. Selain dikonsumsi seperti buah-buahan lainnya, buah sirsak juga seringkali digunakan sebagai obat tradisional, begitu juga dengan daun, biji dan akarnya. Tidak heran, beberapa tahun belakangan ini, buah sirsak menjadi sangat populer.

KANDUNGAN BUAH SIRSAK

Buah sirsak ternyata mengandung zat-zat yang sangat di butuhkan oelh tubuh. Berikut zat yang terkandung dalam buah sirsak:

Air, buah sirsak sangat banyak mengandung air, yaitu ecangkir sirsak mengandung hampir 183 gram air.

Karbohidrat, Karbohidrat dalam buah ini adalah dalam bentuk gula, seperti glukosa dan fruktosa yang sebesar 81,9-93,6 % dari kadar gula total, sukrosa 2.54%, dekstrosa 5.05 % dan levulosa 0.04%.

Lemak, Buah sirsak baik untuk kesehatan, karena mengandung lemak sangat sedikit . 100 gram buah sirsak hanya menyediakan 0,3 gram lemak sehingga sangat baik untuk kesehatan. Rasa asam pada sirsak berasal dari asam organik non volatil, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat.

Vitamin, Vitamin C adalah yang paling dominan dari semua vitamin yang ada dalam buah sirsak . 100 gram daging buah menyediakan sekitar 20 mg vitamin ini. Kebutuhan harian vitamin C yang direkomendasikan per orang adalah 60 mg, yang dapat dipenuhi hanya dengan mengkonsumsi buah sirsak sebanyak 300 gram. Selain itu ada juga vitamin A, vitamin B1, Vitamin B-6 dan vitamin B2 yang cukup banyak.

Serat : Buah sirsak kaya akan serat, mengandung 3,3 gram per 100 gram daging. Hal ini setara dengan 13 % dari kebutuhan total harian yang direkomendasikan . Serat sangat bagus untuk pencernaan dan detoksifikasi .

Mineral, Mineral yang paling dominan adalah fosfor dan kalsium. 100 gram buah sirsak memberikan masing-masing, 27 mg dan 14 mg fosfor dan kalsium. Sirsak memiliki kandungan sodium yang rendah, memberikan 14 mg per 100 gram, namun tinggi kalium yang 278 mg per 100 gram . Rasio kalium yang tinggi dan natrium rendah sangat berkhasiat untuk mencegah hipertensi atau darah tinggi. Selain itu ada juga Magnesium, dan Zat Besi.

MANFAAT BUAH SIRSAK

1. Kolesterol
Manfaat buah sirsak atau kegunaan buah sirsak adalah untuk menjaga kadar kolesterol, hal ini dikarenakan serat dan niacin yang terkandung dalam buah sirsak bisa menyerap kolesterol jahat yang ada pada tubuh, sehingga yang tersisa adalah kolesterol yang baik. Dengan meminum segelas jus sirsak secara teratur setiap harinya maka anda akan tampak lebih sehat dan bebas dari kolesterol jahat.

2. Tulang
Manfaat buah sirsak atau kegunaan buah sirsak adalah menjaga kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan buah sirsak diperkaya mineral yakni tembaga, yang membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga tulang tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya.

3. Energi
Manfaat buah sirsak atau kegunaan buah sirsak adalah meningkatkan energi. Hal ini dikarenakan selain aroma yang segar, buah sirsak juga mengandung thiamin yang berguna untuk meningkatkan energi.

4. Migrain
Manfaat buah sirsak atau kegunaan buah sirsak adalah meredakan migrain, hal ini dikarenakan buah sirsak mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang dikenal efektif meredakan sakit kepala seperti migrain.

5. Kekebalan Tubuh
Manfaat buah sirsak atau kegunaan buah sirsak adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan buah sirsak mengandung sangat banyak vitamin C dan juga  mengandung senyawa acetogenins hingga muricapentocin yang berguna untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dari bahaya penyakit, selain juga bisa juga digunakan sebagai obat penyakit.

6. Kanker
Manfaat buah sirsak atau kegunaan buah sirsak adalah dapat mencegah kanker. Hal ini dikarenakan buah sirsak mengandung Annonaceous acetogenins dimana zat ini berperan dalam menangkal serangan kanker dan virus. Penelitian mengungkap bahwa kandungan Annonaceous acetogenins pada sirsak dapat membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, dan masih banyak lagi.

7. Pencernaan
Manfaat buah sirsak atau kegunaan buah sirsak adalah menjaga kesehatan pencernaan, hal ini dikarenakan selain buah sirsak mengadung banyak serat untuk memperlancar pencernaan, buah sirsak juga mengandung vitamin B2 yang akan membantu melindungi membran mukosa usus sehingga sistem pencernaan tetap lancar dan terjaga kondisi baiknya. Dengan begitu pula secara otomatis masalah yang bersangkutan dengan pencernaan dapat terminimalisir.

8. Jantung
Manfaat buah sirsak atau kegunaan buah sirsak adalah mengurangi resiko serangan jantung. Hal ini dikarenakan buah sirsak sangat banyak mengandung vitamin C, dimana vitamin C akan bereaksi dalam tubuh dan menghilangkan aterosklerosis di dalam jantung. Penyakit tersebut merupakan sebuah kondisi arteri jantung mengalami penebalan sehingga membuat darah menjadi tidak lancar dan serangan jantung mudah terjadi.

9. Otak
Manfaat buah sirsak atau kegunaan buah sirsak adalah meningkatkan kesehatan Otak. Hal ini dikarenakan kandungan tiamin dalam buah sirsak bermanfaat untuk menjaga fungsi otak dan meningkatkan memori serta konsentrasi. Adanya vitamin ini juga membantu otak terlepas dari beban (stres) dan memperkuat sistem saraf motorik dalam otak.

10. Anemia
Manfaat buah sirsak atau kegunaan buah sirsak adalah mencegah Anemia. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi dalam buah sirsak juga dipercaya efektif meredakan gejala anemia yang bisa menyerang kapan saja.

11. Sel Darah Merah
Manfaat buah sirsak atau kegunaan buah sirsak adalah membantu produksi sel darah merah. Hal ini dikarenakan kandungan riboflavin dalam buah sirsak sangatlah penting, yaitu membantu produksi sel darah merah sehingga cukup untuk mengaliri oksigen ke seluruh jaringan dalam tubuh. Dengan begitu semua organ baik yang vital maupun tidak kinerjanya dapat berlangsung secara normal.

12. Kulit
Manfaat buah sirsak atau kegunaan buah sirsak adalah mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit, hal ini dikarenakan buah sirsak mengandung vitamin C dan asam askorbat tinggi yang bisa berfungsi sebagai antioksidan yang bisa membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti pigmentasi kulit, keriput, bintik-bintik hitam dan garis halus.

13. Janin
Manfaat buah sirsak atau kegunaan buah sirsak adalah berguna untuk perkembangan janin terutama menguatkan tulang janin. Hal ini dikarenakan buah sirsak mengandung banyak sekali kalsium, mineral, dan vitamin yang sangat membantu untuk pertumbuhan janin. Mengkonsumsi buah sirsak sebagai jus secara rutin bisa membantu membuat tulang janin yang baru tumbuh menjadi kuat dan menghindari kecacatan pada janin.

Efek Samping Buah Sirsak
Walaupun begitu banyak manfaat buah sirsak bagi kesehatan, akan tetapi buah sirsak juga memiliki efek samping apa bila di konsumsi secara berlebihan. Efek samping buah sirsak jika dikonsumsi secara berlebihan dapat membuat asam lambung tinggi. Lambung memiliki fungsi sebagai salah satu saluran pencernaan dalam tubuh. Dalam bagian lambung menghasilkan asam yang berfungsi untuk membantu pencernaan. Namun kandungan senyawa dalam dari daun sirsak ternyata justru bisa membuat asam lambung naik hingga ke kerongkongan. Otot yang berbentuk cincin berada di bagian kerongkongan untuk mencegah makanan yang masuk ke lambung kembali naik. Namun ketika asam lambung naik maka semua makanan akan kembali ke bagian kerongkongan kemudian membuat kondisi asam yang berlebihan. Sehingga disarankan jika ingin mengkonsumsi buah sirsak jangan berlebihan.

Demikianlah kandungan dan manfaat buah sirsak yang dapat saya bagikan kepada pembaca sekalian, semoga bermanfaat.




loading...