Tuesday, May 15, 2018

KANDUNGAN DAN MANFAAT GANGGANG MERAH (Rhodopyta)

loading...

KANDUNGAN DAN MANFAAT GANGGANG MERAH (Rhodopyta)

Wilayah indonesia merupakan wilayah kepulauan terbesar di dunia, dengan 70 persen wilayah Indonesia adalah Laut, sehingga Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber keanekaragaman hayati dan memiliki kekayaan spesies laut tertinggi, termasuk rumput laut atau ganggang. Masyarakat Indonesia pasti tidak asing lagi dengan tumput laut, karena rumput laut sangat terkenal sebagai makanan, contohnya sebagai bahan es campur dan juga agar-agar. Sekitar 45 persen spesies rumput laut dunia ada di Indonesia, yaitu terdapat sekitar 782 spesies rumput laut di Indonesia dengan 196 spesies Ganggang hijau, 134 spesies Ganggang coklat, dan 452 Ganggang merah. Dimana rumput laut diklasifikasikan atas tiga jenis berdasarkan warna pigmennya, yaitu: Ganggang hijau (Chlorophyta) mengandung klorofil sebagai pigmen utamanya. Ganggang coklat (Phaeophyta) mengandung pigmen fucoxantin. Dan Ganggang merah (Rhodophyta) mengandung pigmen-pigmen seperti phycoerythrine, phycocyanin, phycobilins, klorofil a, β-karoten, dan xanthophyl. Rumput laut merupakan produk yang bisa dikembangkan menjadi makanan, kosmetika, farmasetika, bioetanol, pakan ternak, pakan ikan, aquakultur, dan penanganan limbah air.
Gambar: Ganggang Merah
Rumput laut mengandung berbagai metabolit yang bermanfaat bagi manusia. Dibandingkan dengan rumput laut hijau dan coklat, rumput laut merah (Rhodopyta) merupakan jenis rumput laut yang paling banyak mengandung senyawa metabolit primer dan sekunder. Rumput laut merah dikenal sebagai penghasil phycocolloids seperti agarose, agar, karagenan, dan metabolit sekunder penting lainnya. Sehingga ganggang merah mempunyai manfaat penting bagi kesehatan manusia.

KANDUNGAN GANGGANG MERAH

Ganggang merah mempunyai manfaat penting bagi kesehatan manusia, karena memiliki kandungan zat-zat yang sangan bermanfaat, yaitu:
-         Asetogenin
-         Asam-asam amino
-         Serat
-         Karbohidrat
-         Klorofil
-         Lemak yang rendah
-         Mineral
-         Vitamin
-         Laminarin/Laminaran
-         Terpenoid
-         Halogenated compunds: laurenterol, halomon, callicladol
-         Shikimat
-         Fucoidan
-         alkaloid, flavonoid, tanin, dan fenol
-         Derivat asam nukleat dan asetat
-  Dan juga berbagai macam metabolit sekunder yang disintesis dari rumput laut diantaranya adalah karotenoid, polifenol, terpenoid, xantofil, klorofil, vitamin, alkaloid, asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh

MANFAAT GANGANG MERAH

Berdasarkan kandungan zat yang terdapat pada ganggang merah, berikut manfaat ganggang merah bagi kesehatan:

1. Anti bakteri
Manfaat gangang merah dan kegunaan ganggang merah adalah sebagai anti bakteri, hal ini dikarenakan kandungan Vitamin dan halogenated compunds merupakan zat yang mempunyai aktifitas untuk menangkal dan membunuh bakteri.

2. Kanker
Manfaat gangang merah dan kegunaan ganggang merah adalah sebagai anti kanker, hal ini dikarenakan ganggang merah mengandung senyawa acetoginins. Senyawa acetoginins yang masuk ke dalam tubuh akan menempel pada dinding sel dan secara seletif berfungsi sebagai perusak ATP di dinding mitokondria. Mitokondria merupakan organ tempat dihasilkannya energi dalam bentuk ATP. Karena sel kanker butuh banyak energi untuk berkembang, sedangkan sumber energi dalam sel berkurang dan bahkan terhenti, maka sel kankerpun berhenti membelah dan selanjutnya akan mati. Senyawa ini secara selektif menyerang sel yang tumbuh abnormal dengan energi besar. Sel-sel normal yang butuh energi relatif rendah dalam pertumbuhanya tidak menjadi target dari senyawa acetogenins.

3. Stroke
Manfaat gangang merah dan kegunaan ganggang merah adalah menurunkan resiko storke, hal ini dikarenakan gangang merah mengandung zat laminarin/laminaran, yang berfungsi membantu mengencerkan darah (anti penggumpalan darah), sehingga menurunkan risiko stroke, stroke terjadi karena adaanya penyumbatan pada pembuluh darah.

4. Leukimia
Manfaat gangang merah dan kegunaan ganggang merah adalah dapat mengobati leukimia, hal ini dikarenakan metabolisme Shikimat yang terdapat pada ganggang merah akan menghasilkan Vinblastin dan Vincristine yaitu senyawa metabolit sekunder yang merupakan Alkaloid untuk obat penyakit leukemia

5. Antiinflamasi
Manfaat gangang merah dan kegunaan ganggang merah adalah anti inlamasi, hal ini dikarenakan banyaknya vitamin dan Halogenated compunds yang memiliki aktivitas sebagai antiinflamasi.

6. Diabetes
Manfaat gangang merah dan kegunaan ganggang merah adalah mengobati diabetes, hal ini dikarenakan kandungan Terpenoid dalam ganggang merah berfungsi untuk mengobati diabetes, dan juga dapat mengobati diabetes, gangguan menstruasi, gangguan kulit, kerusakan hati dan malaria.

7. Otot

Manfaat gangang merah dan kegunaan ganggang merah adalah meningkatkan massa otot. Asam amino dapat membantu meningkatkan berat badan, dan massa otot. Hal ini dikarenakan otot terbentuk dari protein yang terdiri dari bermacam asam amino baik esensial maupun non-esensial. Semakin banyak otot terbentuk, semakin sedikit ruang berlemak dalam tubuh, dan ini sangat baik untuk kesehatan.

8. Jantung

Manfaat gangang merah dan kegunaan ganggang merah adalah menjaga kesehatan jantung, hal ini dikarenakan ganggang merah mengandung protenin, serat dan asam amino yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung, membantu menghindari depresi, dan meningkatkan daya ingat.

9. Menjaga Keseimbangan Enzim dan Hormon

Manfaat gangang merah dan kegunaan ganggang merah adalah menjaga keseimbangan Enzim dan hormon. Kekurangan asam amino dapat menyebabkan ketidakseimbangan enzim dan hormone dalam tubuh, terutama hormone pertumbuhan. Asam amino berfungsi memicu pelepasan insulin sehingga dengan demikian akan dapat membantu menjaga tingkat keseimbangan gula darah. Sedangkan hormon pertumbuhan dapat meningkatkan perkembangan massa otot dan membantu proses pembakaran lemak menjadi energy. Asam amino juga berperan merangsang produksi hormon pertumbuhan dan memperkuat tulang serta kolagen.

10. Virus
Manfaat gangang merah dan kegunaan ganggang merah adalah sebagai antivirus, hal ini dikarenakan ganggang merah mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, tanin, dan fenol yang mana fungsinya adalah dapat membunuh virus.

11. Sumber energi
Manfaat gangang merah dan kegunaan ganggang merah adalah sebagai sumber energi, hal ini dikarenakan ganggang merah mengandung cukup banyak serat yang mana fungsinya adalah sebagai sumber energi bagi tubuh.

12. Lambung
Manfaat gangang merah dan kegunaan ganggang merah adalah menjaga kesehatan lambung, hal ini dikarenakan ganggang merah mengandung Fucoidan yaitu suplemen yang dipercaya berfungsi untuk memelihara kesehatan lambung dengan cara meningkatkan ketebalan lapisan lambung

Dan masih banyak lagi manfaat ganggang merah untuk kesehatan yang belum saya rangkum, semoga di kemudian hari dapat saya sertakan. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.


loading...