Thursday, May 10, 2018

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH DELIMA (Punica granatum)

loading...

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH DELIMA (Punica granatum)

Delima (punica granatum) adalah buah yang cukup terkenal di Indonesia, akan tetapi pasti masih banyak yang belum pernah melihat buah ini, terkenal mungkin namanya, namun buah nya masih sulit untuk ditemukan, kenapa namanya terkenal, mungkin karena nama buah ini sering sama dengan nama orang indonesia terutama perempuan. Delima (punica granatum) adalah  tanaman atau buah yang berasal dari Timur Tengah diperkirankan dari Iran , tersebar di daerah subtropik sampai tropik, dari dataran rendah sampai di bawah 1.000 m dpl. Tumbuhan ini menyukai tanah gembur yang tidak terendam air, dengan air tanah yang tidak dalam. Delima sering ditanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan. Buah Delima, bentuknya bulat dengan diameter 5–12 cm, warna kulitnya beragam, seperti hijau keunguan, putih, cokelat kemerahan, atau ungu kehitaman. Kadang, terdapat bercak-bercak yang agak menonjol berwarna tebih tua. Bijinya banyak, kecil-kecil, bentuknya bulat panjang yang bersegi-segi agak pipih, keras, tersusun tidak beraturan, warnanya merah, merah jambu, atau putih. Pada saat ini buah delima sudah banyak di olah menjadi obat herbal yang dipasarkan dalam bentuk kapsul, tablet, bahkan cair.

Gambar: Pohon Buah Delima

Gambar: Buah Delima


KANDUNGAN BUAH DELIMA
Buah delima ternyata memiliki manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan, hal ini dikarenakan buah delima memiliki kandungan zat yang sangat bermanfaat, yaitu:
Kalori 234 (980 kj)
karbohidrat 191 (800 kj)
lemak 27.6 (116 kj)
protein 15.8 (66.2 kj)
Protein 4.7 g (9%)
Total karbohidrat 52.7 g (18%)
serat makanan 11.3 g (45%)
gula 38.5 g
Vitamin
Vitamin C 28.8 mg (48%)
Vitamin E 1.7 mg (8%)
Vitamin K 46.2 mcg (58%)
Thiamin 0,2 mg (13%)
Riboflavin 0,1 mg (9%)
Niasin 0,8 mg (4%)
Vitamin B6 0,2 mg (11%)
Folat 107 mcg (27%)
Makanan Folat 107 mcg
Asam folat 0.0 mcg
Aset Folat Setara 107 mcg
Asam pantotenat 1.1 mg (11%)
Kolin 21.4 mg
Mineral
Kalsium 28.2 mg (3%)
Zat Besi 0,8 mg (5%)
Magnesium 33.8 mg (8%)
Fosfor 102 mg (10%)
Kalium 666 mg (19%)
Sodium 8.5 mg (0%)
Seng 1.0 mg (7%)
Tembaga 0.4 mg (22%)
Mangan 0,3 mg (17%)
Selenium 1.4 mcg (2%)


MANFAAT BUAH DELIMA
Dari kandungan zat yang terdapat pada buah Delima, maka buah Delima akan sangat bermanfaat bagi kesehatan, berikut manfaat buah Delima:

1. Jantung

Manfaat buah Delima atau kegunaan buah delima adalah menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan Anti oksidan dalam buah delima akan menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan koleterol baik, sehingga meningkatkan aliran darah ke jantung dan membuat jantung tetap sehat. Sebuah percobaan yang dilakukan pada tahun 2005 oleh 45 pasien dengan penyakit jantung koroner menunjukkan bahwa minuman jus delima harian yang diberikan selama tiga bulan membuat aliran darah ke jantung lebih lancar dan resiko yang lebih rendah terkena serangan jantung. Studi ini tidak mengatakan apa arti hasil untuk kondisi seperti serangan jantung, dengan demikian hasil positif yang dilaporkan bisa turun secara kebetulan.
2. Kekebalan Tubuh
Manfaat buah Delima atau kegunaan buah delima adalah meningkatkan kekebalah tubuh, hal ini dikarenakan buah delima mengandung sangat banyak vitamin C, dimana vitamin C sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh
3. Kulit
Manfaat buah Delima atau kegunaan buah delima adalah menyehatkan kulit. Hal ini dikarenaka Vitamin C yang terkandung pada buah delima juga berguna untuk membantu memproduksi kolagen untuk kulit yang sehat. Minyak Delima berasal dari biji delima, yang dapat diterapkan pada tubuh. Zat anti oksidan akan melindungi kulit dari polusi,  serta mencegah penuaan dini dan kanker kulit. Buah delima juga membantu meregenerasi sel kulit, menghilangkan sel-sel mati dan kulit kusam, sehingga akan membuat kulit menjadi sehat dan bersinar.
Gambar: Jus dan Buah Delima

4. Kanker

Manfaat buah Delima atau kegunaan buah delima adalah mencegah kanker. Hal ini dikarenakan buah delima mengandung Jumlah tinggi zat antioksidan, vitamin A, vitamin C dan zat besi dalam buah delima bermanfaat untuk memerangi dampak radikal bebas. Dengan demikian makan buah ini dapat menghentikan kerusakan sel, yang pada akhirnya dapat mencegah kanker, terutama kanker prostat, kanker payudara dan kanker paru-paru. Mencegah Penyakit.


5. Gigi

Manfaat buah Delima atau kegunaan buah delima adalah untuk perawatan gigi. Hal ini dikarenakan buah delima memilikisifat antibakteri dan antivirus yang akan membantu untuk mengurangi efek plak gigi dan melindungi terhadap berbagai penyakit mulut.

6. Kanker Prostat

Manfaat buah Delima atau kegunaan buah delima adalah Mencegah Kanker Prostat. Satu studi kecil pada tahun 2006 menemukan bahwa minum 227 ml harian jus delima secara signifikan akan memperlambat kemajuan kanker prostat pada pria dengan kanker prostat berulang. , namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menemukan bukti yang mendukung temuan ini.


7. Osteoarthritis

Manfaat buah Delima atau kegunaan buah delima adalah Mencegah Osteoarthritis. Delima membantu mengurangi penyakit dari berbagai bentuk termasuk aterosklerosis dan osteoarthritis. Kerusakan yang disebabkan karena penebalan dan pengerasan dinding arteri, tulang rawan dan sendi dapat disembuhkan dengan memakan buah ini. Buah delima mampu mencegah pembentukan enzim yang bertanggung jawab terhadap jaringan ikat dalam tubuh.

8. Anemia

Manfaat buah Delima atau kegunaan buah delima adalah dapat menghindari anemia. Hal ini dikarenakan delima memiliki zat besi yang akan larut dalam darah, sehingga akan membantu mengurangi gejala anemia, termasuk kelelahan, pusing, kelemahan, dan gangguan pendengaran.
9. Haid

Manfaat buah Delima atau kegunaan buah delima adalah dapat melancarkan siklus haid. Hal ini dikarenakan adanya berbagai kandungan mineral alami, mulai dari zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan masih banyak lagi.  Kandungan-kandungan mineral alami inilah yang dipercaya mampu menggantikan senyawa yang hilang saat mengalami menstruasi. Ini dia manfaat buah delima untuk kesehatan wanita yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Bagi yang sering mengalami siklus bulanan tidak rutin, makan buah ini membantu anda untuk mengendalikan siklus haid agar bisa rutin kembali.


10. Tekanan Darah Tinggi

Manfaat buah Delima atau kegunaan buah delima adalahdapat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenkan buah delima memiliki antioksidan yang tinggi, yang dapat memperlancar aliran darah, sehingga dapat menormalkan tekanan darah. Jus buah delima jika diminum setiap hari akan dapat menurunkan tekanan darah tinggi hingga 5 %. Ini juga merupakan cara terbaik, yang sekaligus akan menjaga kesehatan seluruh tubuh.


11. Anti Penuaan

Manfaat buah Delima atau kegunaan buah delima adalah sebagai anti penuaan, hal ini dikarenakan bannyaknya kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada buah delima yang dapat membantu memperlambat proses penuaan yang akan mengurangi keriput dan garis-garis halus yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Hal ini juga akan membantu mempertahankan regenerasi sel-sel kulit dan mencegah pigmentasi berlebihan dan terjadinya bintik-bintik gelap.
12. Stenosis arteri karotis

Manfaat buah Delima atau kegunaan buah delima adalah dapat menghindari stenosis arteri karotis. Sebuah studi yang baik dari tahun 2004 pada pasien dengan stenosis arteri karotis (arteri menyempit) menemukan bahwa segelas jus delima harian (50 ml) selama tiga tahun mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol dalam arteri, dan juga mengurangi kolesterol.
13. Alzheimer

Manfaat buah Delima atau kegunaan buah delima adalah mencegah Penyakit Alzheimer. Jika buah delima dikonsumsi setiap hari, akan bisa membantu  mencegah penyakit Alzheimer. Dan jika dimakan oleh orang yang sudah terkena penyakit ini, maka akan memperlambat perkembangannya. Hal ini juga akan meningkatkan otak penderita, dan akan membantu untuk melakukan kegiatan sehari-hari dengan baik dan lebih aktif. Untuk mendapatkan semua manfaat bagi kesehatan dan kecantikan dari buah yang lezat ini, pastikan makan buah delima dengan ukuran rata-rata atau sedang. Bisa juga dengan minum jus buah delima setiap hari.

14. Menyembuhkan Luka

Manfaat buah Delima atau kegunaan buah delima adalah dapat membantu menyembuhkan luka. Delima membantu dalam regenerasi sel-sel kulit di lapisan kulit epidermis dan dermis. Jus delima memiliki kemampuan untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Bahkan minyak biji delima yang sarat dengan nutrisi, ramah akan kulit yang bermanfaat bagi penguatan dan regenerasi epidermis. Hal ini juga melindungi kulit dari sinar matahari dan menyembuhkan kerusakan yang disebabkan pada kulit akibat paparan sinar matahari yang terus-menerus.
Demikianlah kandungan dan manfaat buah delima yang dapat saya bagikan kepada pembaca, semoga bermanfaat.

loading...