Saturday, May 19, 2018

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH BUNI (Antidesma bunius (L.) Spreng.)

loading...

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH BUNI (Antidesma bunius (L.) Spreng.)

Bagi masyarakat Indonesia, buah buni sudah tidak asing lagi, karen buah buni biasanya sebagai campuran rujak, terutama rujak uleg. Dari rasanya yang manis, asam seger dan cenderung sepat, sangat cocok sebagai bahan pelengkap makanan rujak. Buah buni kecil-kecil berwarna merah, dan tersusun dalam satu tangkai panjang, menyerupai rantai (ranti), mirip dengan buah anggur, akan tetapi buah buni lebih kecil. Pada saat muda, buah ini berwarna hijau muda ke kuning-kuningan, dan pada saat matang berwarna merah dan ungu. Buah ini biasanya tidak terlalu di perhatikan, karena memang untuk konsumsi langsung seperti buah-buah lain kurang diminati, akan tetapi, ternyata buah buni ini memiliki manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan.

Gambar: Pohon dan Buah Buni

Gambar: Buah Buni


KANDUNGAN BUAH BUNI
Buah buni ternyata sangat banyak manfaat nya untuk tubuh manusia, hal itu dapat dilihat dari kandungan zat yang terdapat pada buah buni. Berikut kandungan zat yang terdapat pada buah buni:
Antosianin 
Alkaloida
Fosfor
Friendelin
Kalium
Kalsium
Provitamin A (karotenoid),
Serat Alami
Vitamin C
Vitamin B1
Vitmain B2
Vitamin E
Zat Besi

MANFAAT BUAH BUNI
Berdasarkan kandungan zat yang terdapat pada buah buni, dapat disimpulkan bahwa buah buni sangat bermanfaat buat kesehatan. Berikut manfaat buah buni:
1. Pembuluh Darah
Manfaat buah Buni dan kegunaan buah Buni adalah menjaga kesehatan pembulu darah. Hal ini dikarenakan warna ungu kehitaman pada buah buni matang menunjukkan kadar antosianin yang tinggi dalam buah ini. Keberadaan senyawa aktif antosianin bernilai penting untuk kesehatan pembuluh darah. Antosianin bekerja dengan cara mengoksidasi kadar LDL (lemak jahat) dalam tubuh. Para herbalis menyebut Buni sebagai obat penyakit-penyakit seperti kurang darah, darah kotor, hipertensi, jantung, batuk, gangguan pencernaan, dan lainnya.

2. Imunitas 
Manfaat buah Buni dan kegunaan buah Buni adalah meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan Vitamin C dosis tinggi pada buah Buni dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Pencernaan
Manfaat buah Buni dan kegunaan buah Buni adalah memperlancar saluran pencernaan. Hal ini dikarenakan buah Buni kaya akan serat. Konsumsi buah Buni secara teratur akan mengisi kekurangan serat di dalam tubuh.  Sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang mengalami masalah pencernaan. Buah Buni mampu untuk melancarkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi (susah buah air besar).

4. Kanker Usus
Manfaat buah Buni dan kegunaan buah Buni adalah mengurangi resiko kanker usus. Hal ini dikarenakan buah Buni kaya serat yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan serta menjegah terjadinya kanker usus (colon). Buah bisa dimakan langsung atau dimasukkan dalam olahan makanan.

5. Antioksidan
Manfaat buah Buni dan kegunaan buah Buni adalah sebagai antioksidan tubuh. Buah Buni baik untuk menjaga kekebalan tubuh dan dapat sebagai antioksidan tubuh hal ini dikarenakan buah buni kaya akan vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai antioksidan. Konsumsi buah Buni setelah kerja keras akan mampu menyegarkan tubuh.


6.  Mata
Manfaat buah Buni dan kegunaan buah Buni adalah menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kandungan provitamin A dalam buah buni sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan mampu mencegah terjadinya mata rabun dini. Buah dimakan langsung atau menjadi makanan olahan.

7. Sipilis
Manfaat buah Buni dan kegunaan buah Buni adalah dapat mengobati penyakit sipilis. Meski belum diketahui pasti riset-riset tentang buah Buni, namun fungsi buah ini sudah dikenal sejak lama untuk mengobati penyakit Sipilis.

8. Kanker.
Manfaat buah Buni dan kegunaan buah Buni adalah dapat mencegah kanker. Buah Buni bisa juga berfungsi sebagai buah yang memiliki fungsi antioksidan untuk pencegah kanker serta mencegah penuaan dini. Adanya zat antioksidan mempunyai kemampuan menangkal efek radikal bebas, mencegah dan mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker.


9. Kulit.
Manfaat buah Buni dan kegunaan buah Buni adalah membantu peremajaan kulit. Kandungan Vitamin C dan Vitamin E akan bermanfaat menjaga kesehatan kulit karena akan meningkatkan proses degenerasi, menutrisi kulit, meremajakan kulit, serta dapat menghilangkan sel-sel kulit mati. Kulit akan tampak lebih halus, putih, kencang, dan bersinar.


10. Tulang
Manfaat buah Buni dan kegunaan buah Buni adalah membantu kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan buah buni banyak mengandung kalsium dan fosfor yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang.

11. Hipertensi
Manfaat buah Buni dan kegunaan buah Buni adalah membantu mencegah hipertensi. Buah Buni bisa bermanfaat untuk Antihipertensi dan kesehatan jantung. Pemakaian secara rutin akan menghindari risiko darah tinggi, kerja jantung yang abnormal, serta aterosklerosis. Buah Buni juga bisa dimanfaatkan untuk penderita kurang darah (anemia).

12. Kolesterol
Manfaat buah Buni dan kegunaan buah Buni adalah bermanfaat untuk mencegah kholestrol tinggi. Pemakaian secara rutin akan menurunkan risiko kholesterol tinggi, dan menurunkan lemak.

13. Bisul dan Gatal Gatal.
Manfaat buah Buni dan kegunaan buah Buni adalah mengobati bisul dan gatal-gatal.  Hal ini dikarenakan sifat anti-inflamasi dan diuretik alami pada buah Buni dapat mengatasi berbagai penyakit kulit. Seperti misalnya gatal karena alergi, gatal karena gigitan nyamuk, bisul, jerawat, dan lain sebagainya. Buah Buni bisa sebagai obat luar untuk luka dan gatal-gatal. Oleskan daun/buah yang sudah dihaluskan/ditumbuk ke luka.


CARA MENGKONSUMSI BUAH BUNI
1. Dimakan langsung.
Buah Buni matang bisa untuk buah camilan. Buah Buni dicuci bersih dan kemudian dibuang bijinya. Daging buah nya bisa langsung dimakan. Buah bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan rujak uleg, bisa juga diawetkan sebagai manisan, atau dibuat sirup yang bisa disimpan dalam botol. Atau bisa juga dibuat dalam bentuk pasta untuk bahan selai buah Buni.
2. Ditumbuk Seperti Jamu.
Buah atau daun tanaman Buni bisa ditumbuk untuk dibuat ekstrak jamu/herbal.
3. Diseduh.
Buah diambil dagingnya, kemudian ditumbuk dalam alulumpang hingga lembut. Tambah dengan air hangat-hangat kuku. Minum 2-3 kali sehari, diulang bilamana perlu. Ampas sisa seduhan bisa dipakai untuk obat luka, dengan menempelkannya ke daerah luka.
4. Paduan (Mix).
Buah Buni bisa dicampur dengan bahan lain untuk obat penyakit-penyakit tertentuRamuan herbal dipakai untuk,

Demikian lah kandungan dan manfaat buah buni untuk kesehatan yang dapat saya bagikan kepada pembaca, semoga bermanfaat.

loading...