Monday, May 21, 2018

KANDUNGAN DAN MANFAAT LIDAH MERTUA (Sansevieria Trifasciata Prain)

loading...

KANDUNGAN DAN MANFAAT LIDAH MERTUA (Sansevieria Trifasciata Prain)

Lidah mertua biasanya sering membuat sakit hati, namun lidah mertua kali ini yang akan dibahas adalah bukan ledah mertua itu, akan tetapi lidah mertua yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Lidah mertua (Sansevieria Trifasciata Prain) atau mother in laws dalam bahasa Inggris, pohon ular, lilin jinbowspring, tanaman pedang pedangan dan berbagai sebutan lainnya ini adalah tanaman berupa tanaman hias yang biasa kita jumpai, bentuknya mirip dengan lidah buaya, akan tetapi jika lidah buaya helainya tebal, lidah mertua cenderung tipis. Warna daunya berwarna hijau yang kaya akan klorofil dengan biasanya bergari kuning.

Gambar: Lidah Mertua

Gambar: Lidah Mertua

Walaupun saat ini banyak ditemukan di indonesia dan di asia tenggara, sebenarnya lidah mertua merupakan tanaman yang berasal dari Afrika. Tanaman yang sering digunakan sebagai tanaman hias ini ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari hari dan juga kesehatan. Manfaat daun lidah mertua yang paling utama adalah kemampuannya yang bisa mengurangi polusi udara menurut hasil riset dari NASA dan ALCA. Tanaman ini juga merupakan tanaman yang kuat, karena dapat tumbuh di ruangan/ dalam rumah yang tidak selalu terkena sinar matahari.

KANDUNGAN LIDAH MERTUA

Manfaat dari lidah mertua dapat dilihat dari banayaknya kandungan zat yang dimiliki oleh lidah mertua dan bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya:
Anthosyanins
Abamegenin
Erpenoid
Flavonoid
Glikosida
Karbohidrat
Kardenolin
Polifenol
Protein
Phenol
Saponin
Sapogenin
Tanin
Terpenoid


MANFAAT LIDAH MERTUA

Lidah mertua ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan, berikut manfaat lidah mertua:

1. Kejantanan
Manfaat lidah mertua dan kegunaan lidah mertua adalah untuk kejantanan yaitu menurunkan resiko disfungsi ereksi. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid berupa anthocyanin, flavon dan juga flavanon yang terkandung dalam daun lidah mertua berguna untuk menurunkan risiko disfungsi ereksi pada pria hingga mencapai 10% dibandingkan dengan pria yang tidak mengkonsumsi daun lidah mertua.


2. Jantung dan Arteri

Manfaat lidah mertua dan kegunaan lidah mertua adalah mengurangi resiko penyakit jantung dan memperlancar aliran darah di arteri. Hal ini dikarenakan Flavonoid yang terkandung dalam daun lidah mertua berguna untuk mengurangi peradangan berbahaya di arteri sehingga bisa mengurangi molekul adhesi yang bisa menyebabkan plak menyumbat arteri, meningkatkan risiko penyakit jantung khususnya pengerasan arteri dan juga aterosklerosis. Selain lidah mertua, Daun Bidara juga baik untuk kesehatan jantung.

3. Kanker

Manfaat lidah mertua dan kegunaan lidah mertua adalah mengurangi resiko kena kanker. Ekstrak methanolic yang berasal dari daun lidah mertua bisa digunakan sebagai solusi kanker dan juga antiproliferative pada sel kanker meski pendapat tersebut masih harus dikaji lebih lanjut lagi.

4. Pencernaan

Manfaat lidah mertua dan kegunaan lidah mertua adalah menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan dalam daun lidah mertua mengandung karbohidrat yang baik untuk menjaga kesehatan usus sehingga bisa membantu pergerakan usus untuk membuang limbah berbahaya dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi daun lidah mertua juga bisa menyerap kadar air berlebih, mencegah konstipasi sekaligus meminimalisir risiko terkena kanker usus.

5. Kolesterol

Manfaat lidah mertua dan kegunaan lidah mertua adalah mengurangi kadar kolesterol, hal ini dikarenakan lidah mertua mengandung zat saponin dan sapogenins yang dapat mengikat kolesterol dalam usus besar, sehingga ikut terbuang dalam kotoran, dan juga mengikat kolesterol dalam darah, sehingga mengurangi kadar kolesterol dan membuat tubuh semakin sehat.


6. Mulut dan Tenggorokan

Manfaat lidah mertua dan kegunaan lidah mertua adalah menjaga kesehatan mulut dan tenggorokan, hal ini dikarenakan kandungan Phenol dalam lidah mertua yang mempunyai fungsi untuk mengobati sakit tenggorokan, nyeri mulut, sakit yang diasosiasikan dengan sariawan dan iritasi mulut ringan, mungkin juga dapat digunakan untuk kondisi lain seperti yang dianjurkan oleh dokter Anda

7. Antioksidan dan Kekebalan Tubuh

Manfaat lidah mertua dan kegunaan lidah mertua adalah sebagai antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hala ini dikarenakan lidah mertua mengandung senyawa flavanoid yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengusir Radikal Bebas. Radikal Bebas dapat berkembang dengan melakukan oksidasi terhadap sel – sel sehat. Oleh karena itu tubuh perlu manfaat antioksidan yang cukup untuk mencegah terjadinya oksidasi

8. Diare

Manfaat lidah mertua dan kegunaan lidah mertua adalah mengobati diare, hal ini dikarenakan kandungan senyawa Tanin yang dapat menciutkan (adstrigensia) dan mengeraskan dinding usus, sehingga dapat mengurangi keluar masuknya cairan dalam usus. Tanin juga dapat digunakan untuk menciutkan pori-pori kulit.

9. Diabetes

Manfaat lidah mertua dan kegunaan lidah mertua adalah menurunkan resiko diabetes, hal ini dikarenakan kandungan senyawa terpenoid uang dikandung lidah mertua bisa digunakan untuk mengatasi penyakit degeneratif seperti diabetes yang memiliki pantangan untuk mengkonsumsi makanan manis. Daun lidah mertua ini nantinya bisa menetralkan racun dengan cara merebus daun tersebut.


10. Osteoporosis

Manfaat lidah mertua dan kegunaan lidah mertua adalah mengurangi osteoporosis. Hal ini deikarenakan polifenol yang ditemukan dalam Lidah mertua dipercaya efektif memperlambat keropos pada tulang. Keropos tulang adalah faktor utama yang menyebabkan osteoporosis.

11. Telinga

Manfaat lidah mertua dan kegunaan lidah mertua adalah mengobati sakit telinga. Daun lidah mertua yang dipanaskan dan dibuat menjadi jus kemudian diteteskan ke dalam telinga sangat efektif digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi pada telinga secara alami dan tentunya lebih murah dibandingkan dengan beberapa obat tetes telinga dengan harga cukup mahal.

12. Penyakit Dalam

Manfaat lidah mertua dan kegunaan lidah mertua adalah dapat mengatasi penyakit dalam. Tanaman lidah mertua ini juga bisa digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi, solusi diare, radang saluran pernapasan, radang usus dan juga gasrtitis serta berbagai penyakit dalam lainnya. Untuk cara menggunakannya cukup mudah yakni dengan merebus 27 gram akar lidah mertua yang sudah dikeringkan kemudian rebus bersama 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saha kemudian minyak dua kali sehari sebanyak 1/2 gelas untuk setiap kali minum.

13. Peradangan

Manfaat lidah mertua dan kegunaan lidah mertua adalah sebagai anti peradangan. Untuk mengatasi luka gores yang disebabkan karena terjatuh atau tertusuk duri juga bisa diatasi dengan menggunakan daun lidah mertua. Getah atau gel lidah mertua bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka lebih cepat sekaligus mencegah terjadinya peradangan. Bahkan daun lidah mertua juga bisa digunakan untuk mengatasi bisa ular dalam tingkat rendah sebelum nantinya akan dilanjutkan dengan penanganan medis.

14. Influenza dan Batuk

Manfaat lidah mertua dan kegunaan lidah mertua adalah mengatasi influenza dan batuk. Daun lidah mertua juga menjadi tanaman herbal solusi batuk dan influenza. Untuk cara menggunakannya terbilang mudah yakni merebus beberapa daun lidah mertua dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja kemudian saring dan minum air rebusan tersebut sebanyak 2 kali sehari masing masing 1/2 gelas hingga sembuh.

15. Sakit Kepala

Manfaat lidah mertua dan kegunaan lidah mertua adalah mengatasi sakit kepala. Daun lidah buaya yang diolah dengan cara dibakar juga sangat baik untuk mengurangi sakit kepala dengan sangat mudah dan cepat mengingat meskipun sakit kepala tergolong penyakit ringan, namun tetap sangat mengganggu aktivitas sehari hari.

16. Rambut

Manfaat lidah mertua dan kegunaan lidah mertua adalah sebagai tonik rambut. Seperti tanaman lidah buaya, tanaman lidah mertua bisa digunakan untuk melebatkan dan menyuburkan rambut. gel atau lendir yang dihasilkan dari daun ini bisa dioleskan ke kulit kepala dan dibiarkan selama beberapa menit kemudian dibilas menggunakan shampo untuk menjaga kesehatan rambut dengan menyeluruh.

17. Gigi

Manfaat lidah mertua dan kegunaan lidah mertua adalah dapat menyembuhkan sakit gigi. Hanya perlu mengoleskan gel lidah mertua pada gigi yang sakit. Lakukan cara ini secara teratur hingga rasa sakit pada gigi bisa dihilangkan.


18. Karsinogenik

Manfaat lidah mertua dan kegunaan lidah mertua adalah menurunkan resiko Karsinogenik. Menurut WHO, sumber utama benzena merupakan mobil yang ada di garasi, pemanasan dari sistem memasak dan juga pelarut. Paparan benzena ini bisa menyebabkan mual, sakit kepala dan juga muntah yang bisa diatasi dengan menggunakan daun lidah mertua bahkan bisa digunakan untuk menyerap benzena dalam kondisi indoor.

19. Parkinson

Manfaat lidah mertua dan kegunaan lidah mertua adalah mencegah penyakit parkinson. Daun lidah mertua yang dikonsumsi baik pada pria dan juga wanita sangat ampuh untuk menurunkan risiko penyakit parkinson hingga mencapai 40% dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi daun lidah mertua sehingga sangat baik dikonsumsi.


20. Stroke

Manfaat lidah mertua dan kegunaan lidah mertua adalah menurunkan resiko stroke. Risiko stroke juga bisa diturunkan dengan mengkonsumsi air rebusan daun lidah mertua karena kandungan flavonoid tinggi dalam daun tersebut sehingga bisa menurunkan risiko kematian karena penyakit jantung koroner dan juga penyakit kardiovaskular.


Demikianlah kandungan dan manfaat dari tanaman lidah mertua yang dapat saya bagikan kepada pembaca, semoga bermanfaat.

loading...